Blog

Langkah-Langkah Mengecat Tembok Dengan Mudah

Bosan dengan tampilan rumah? Sekarang adalah waktu yang pas untuk mengubah penampilan rumahmu agar lebih fresh! Selain memasang dekorasi baru yang sesuai dengan konsep rumah, kamu bisa mengganti warna cat pada tembok ruangan karena efektif menciptakan nuansa baru.

Selain menggunakan jasa tukang, kamu yang punya budget terbatas bisa mengecat tembok sendiri karena prosesnya cukup sederhana dan tidak merepotkan. Nah, untuk membantu kamu, di bawah ini ada beberapa langkah-langkah mengecat tembok untuk kamu lakukan di rumah. Apa sajakah itu?

Persiapan Pengecatan Tembok

 

Sebelum memulai proses pengecatan tembok, pertama-tama kamu perlu mempersiapkan sejumlah alat, seperti kuas, bak cat, roller, lakban, koran, amplas, dempul, dan kaleng cat. Selain itu, kamu pun bisa menyiapkan tangga untuk mengecat tembok bagian atas.

Tak hanya persiapan alat seperti yang disebutkan di atas, kamu juga harus membersihkan tembok yang akan dicat dari debu menggunakan sapu ataupun vacuum cleaner agar permukaannya lebih halus dan rata. Jika terdapat noda besar pada tembok, bersihkan noda tersebut dengan campuran air dan detergen menggunakan spons, lalu tunggu hingga permukaan tembok mengering.

Tutupi Bagian yang Tidak Terkena Pengecatan

sndimg.com

Nah, supaya hasilnya rapi, kamu bisa menutupi bagian di dalam ruangan yang tidak ingin di cat. Kamu dapat menutup bingkai jendela ataupun gagang pintu menggunakan lakban.

Sementara itu, bagian lantai ataupun barang-barang lain, seperti sofa dan meja dapat kamu tutup menggunakan koran agar tidak terkena cat. Setelah proses pengecatan tembok selesai, kamu sebaiknya segera mencabut lakban penutup agar cat tidak ikut tercabut saat mulai mengering.

Tutupi Bagian Retak pada Tembok

justdial.com

Jika terdapat retakan pada tembok yang akan dicat, kamu sebaiknya menutupnya terlebih dulu menggunakan dempul. Gunakan dempul tembok sesuai kebutuhan hingga bagian retakan tertutup dan tunggu hingga dempul tersebut kering. Setelah itu, kamu bisa menggunakan amplas hingga halus. Supaya hasilnya lebih rata dan halus, kamu juga bisa mengoleskan primer cat sebelum proses pengecatan tembok.

Lakukan Pengadukan dan Pencampuran Cat

bergerpaints.com

Sebelum mengaplikasikan cat pada tembok, kamu perlu mengaduk cat terlebih dahulu agar tidak menggumpal. Aduklah cat sekitar lima menit dan campurkan cat tembok tersebut menggunakan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat yang akan kamu pakai. Selain itu, kamu juga bisa melapisi permukaan tembok menggunakan water base agar hasil akhirnya lebih halus dan tidak mudah terkelupas.

Berikan Warna Dasar pada Tembok

homedepot.com

Jika kamu ingin mengubah warna tembok dengan warna selain putih, kamu sebaiknya mengamplas tembok tersebut terlebih dulu untuk menghilangkan warna sebelumnya. Jika proses amplas dirasa merepotkan, kamu bisa mengaplikasikan warna dasar putih sehingga warna cat akan menjadi lebih terang.

Lakukan Proses Pengecatan Tembok

bestlifeonline.com

Setelah berbagai persiapan di atas telah selesai kamu lakukan, sekarang waktunya kamu mengerjakan proses pengecatan tembok. Kamu bisa menggunakan roller untuk mengecat permukaan tembok yang besar. Namun, untuk menjangkau area yang lebih sempit, gunakan kuas berukuran kecil agar hasilnya lebih rapi.

Lakukan juga proses pengecatan dari atas ke bawah berulang kali hingga tembok tertutup rata oleh cat. Cara ini sangatlah efektif untuk meratakan cat pada permukaan tembok dan membuat hasilnya tidak berantakan.

Tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah? Yuk segera hubungi Alindra Bangunan dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah…

sumber : dekoruma