Blog

Macam-Macam Ukuran Keramik Lantai dan Motifnya

Salah satu elemen utama dalam hunian pastinya adalah bagian dasar atau lantai. Ini sebabnya bahan lantai seperti keramik menjadi salah satu yang terpenting dalam sebuah properti. Bukan saja masalah struktur, tapi keramik lantai juga bisa jadi penentu keberhasilan desain interior.

Kamu harus lebih cermat dalam memilih keramik. Pasalnya, ukuran keramik ada banyak, begitu juga dengan motifnya. Kedua hal tersebut tentu dapat mempengaruhi tampilan interior secara keseluruhan. Nah, biar kamu nggak salah pilih, pahami dulu beberapa ukuran keramik paling standar di bawah ini. Setelah itu, barulah kamu bisa memilih motif sesuai selera.

Aneka Ukuran Keramik Lantai Paling Umum

pinterest.com

Mengenal ukuran keramik lantai yang paling umum digunakan sebenarnya tidak sulit karena perbedaan besarannya cukup standar dan mudah terlihat. Adapun macam-macam ukuran keramik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran keramik kecil 20x20cm
  • Ukuran keramik standar 30x30cm
  • Ukuran keramik sedang 40x40cm
  • Ukuran keramik besar 45x45cm
  • Ukuran keramik ekstra besar 50x50cm

Nah, selain dari 5 ukuran keramik di atas, ada juga ukuran keramik yang sedikit berbeda dengan angka yang lebih bervariasi, misalnya : 25x33cm, 33.3x 50 cm, 32.5x49cm, 32.5×65.6cm, 33.3×33.3cm, dan 33.3×66.6 cm.

Ukuran keramik yang bervariasi tentunya akan memudahkan bagi pemilik rumah untuk mengatur tatanannya. Jika desain interior membutuhkan ide ukuran keramik yang berbeda, maka keramik bisa digunakan secara lebih efisien dan tidak menghasilkan banyak limbah.

Cara Memilih Ukuran Keramik Lantai yang Paling Pas

Patokan memilih ukuran keramik termudah adalah menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan dipasangkan keramik. Jadi, Kania sarankan untuk memiliki terlebih dahulu gambaran atas luas ruangan agar mudah menentukan ukuran keramik. Terapkan juga tips berikut saat memilih ukuran keramik:

1. Ukuran Keramik Besar – Ekstra Besar

decoist.com

Ukuran keramik lantai yang besar hingga ekstra besar punya efek lapang sehingga cocok untuk ruangan yang tidak begitu luas. Ini karena garis keramik akan lebih sedikit sehingga ruangan terasa makin plong. Namun, harus realistis juga mengingat ukuran keramik besar akan tersisa banyak jika terlalu jomplang dengan ukuran ruangan.

2. Ukuran Keramik Standar – Standar

ctm.co.za

Untuk ruangan standar seperti di rumah-rumah sederhana pada umumnya, ada baiknya memilih ukuran keramik yang standar pula. Untuk desain interior minimalis atau gaya Japandi (Japanese Scandinavia), pilih saja yang bernuansa clean dan tidak banyak motif.

3. Ukuran Keramik Kecil

tileflair.co.uk

Tidak cuma ukuran keramik petak, kalian juga bisa memilih ukuran keramik kecil dengan bentuk yang lebih variatif, seperti heksagon. Ukuran keramik kecil dengan motif mosaik atau pola bewarna seperti gambar di atas biasanya cocok digunakan di kamar mandi yang relatif lebih kecil ukuran ruangannya.

4. Ukuran Keramik Variasi

tile.expert

Nah, untuk membuat desain interior atau struktur ruangan yang lebih unik, kamu bisa coba menggunakan keramik yang terdiri dari beberapa ukuran. Ukuran keramik yang bervariasi akan menciptakan kesan berbeda di ruangan. Ini juga bisa jadi solusi hemat yang tidak diduga.

Aneka Motif pada Beberapa Ukuran Keramik

Ukuran keramik berbeda ditambah dengan aneka motif cukup ampuh untuk menciptakan estetika tersendiri. Berikut Kania sudah mengumpulkan beberapa motif keramik yang cocok untuk berbagai hunian, terutama yang desain interiornya mengusung style minimalis dan Japandi.

1. Motif Polos Minimalis

italianbark.com

Untuk hunian modern minimalis atau Japandi, ini adalah pilihan motif yang paling diminati. Ya, sebenarnya ini tanpa motif alias polos. Tinggal pilih saja warna dan ukuran keramik yang paling pas dengan hunian. Dijamin akan ada kesan bersih dan lapang yang bikin kamu makin betah di rumah.

2. Motif Lantai Kayu

google.com

Keramik lantai bermotif kayu cocok banget untuk desain interior rumah bergaya Japandi atau natural. Keunggulan lain dari motif ini adalah lebih terjangkau dibandingkan dengan flooring kayu otentik. Meski demikian, akan tetap ada kesan alam yang hangat dan menenangkan.

3. Motif Batu Alam

turkishtiles.net

Tidak bisa menggunakan material marmer atau granit karena harganya terlalu mahal? Itu bukan masalah lagi karena sekarang sudah ada variasi jenis keramik dengan motif batu alam yang penuh keindahan guratan alami. Ukuran keramik-nya pun biasanya tersedia dalam berbagai macam. Jadi, kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan rumahmu.

4. Motif Terrazzo

tiles.ie

Motif keramik lantai terrazzo identik dengan campuran pecahan marmer, semen, tegel, dan pasir. Aneka bahan alam ini ideal untuk menciptakan desain interior minimalis yang lebih effortless. Bahkan, untuk style Japandi juga cocok selama pemilihan motifnya tepat!

5. Motif Grayscale

cerrad.com

Motif keramik grayscale tidak hanya cocok untuk hunian dengan desain interior minimalis dan Japandi, tapi juga pas untuk style industrial atau Japandi industrial. Pilih saja yang gaya abu-abunya lebih abstrak dengan tekstur non-glossy. Dijamin, rumah kamu makin estetik dan menawan!

Tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah? Yuk segera hubungi Alindra Bangunan dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Contact Us
Jl. Haji Samali No. 87 E, Pasar Minggu Jakarta Selatan
0812-9631-9557  / (021) 2753 1234

source : dekoruma