Blog

Tips Menyusun Anggaran Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Biar pun disebut dengan rumah minimalis namun ketika membutuhkan proses renovasi pasti membutuhkan biaya. Jadi Anda harus benar-benar memperhitungkan biaya yang dibutuhkan dalam anggaran biaya renovasi rumah minimalis. Dengan begitu rancangan yang dimiliki tidak akan over dan menyusahkan nantinya.

1. Pemilihan material

Untuk menghemat biaya dalam melakukan renovasi langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih material. Anda tidak boleh asal membeli materialnya namun harus menyesuaikan berdasarkan kualitas dan harganya. Cara ini memang akan memakan banyak waktu namun bisa memangkas biaya cukup baik.

Lakukan pemilihan lokasi pembelian material secara bertahap kemudian pilah kembali untuk mendapatkan yang terbaik. Dengan begitu akan terlihat toko mana yang memberikan harga dengan kualitas yang tepat. Pilih juga kebutuhan pembelian material secara rinci agar tidak ada yang kelebihan atau kurang di dalamnya.

Biasanya biaya untuk pembelian material ini akan lebih banyak dari keperluan lainnya. Coba carilah bahan pembangunan yang dulu digunakan untuk membangun rumah. Seperti halnya sisa semen, pasir, batu sampai dengan cat dinding. Jika kondisinya masih layak untuk digunakan maka cukup membantu.

Sehingga ketika bahan yang dipakai sudah ada maka biaya renovasi rumah minimalis terbaru bisa digunakan untuk dana lainnya. Cara lainnya adalah dengan mencampur bahan dengan kualitas baik dan di bawahnya. Cara ini tentu sudah banyak digunakan sehingga aman saja untuk dipraktikkan.

2. Jasa

Anda bisa memilih antara menggunakan kontraktor atau tukang bangunan dalam hal ini. Keduanya jelas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing saat digunakan. Pemilihannya juga berkaitan dengan berat tidaknya renovasi yang akan dilakukan nantinya.

Dari segi waktu keduanya hampir sama tergantung berat tidaknya jenis yang harus diperbaiki nantinya. Kemudian dari segi biaya maka kontraktor memiliki harga lebih mahal dibandingkan tukang bangunan. Selanjutnya berdasarkan garansi maka kontraktor lebih jelas sementara tukang bangunan perlu adanya perjanjian mandiri. Terakhir dari tukang bangunan adalah berkaitan dengan tidak ada perencana yang baik. Sementara ketika menggunakan kontraktor lebih bisa terstruktur dengan baik.

3. Tentukan apa yang akan direnovasi

Renovasi rumah umumnya tidak harus mengganti semua desain yang digunakan dalam rumahnya. Hal ini berkaitan pula dengan anggaran biaya renovasi rumah minimalis terupdate yang akan digunakan. Jadi pahami mana saja yang akan direnovasi dan tentukan kerusakannya.

Namun jika memang berniat untuk melakukan renovasi secara keseluruhan untuk mengganti desain rumah maka pemikirannya harus lebih kompleks. Dalam hal ini Anda harus memilih desain yang digunakan terlebih dahulu. Kemudian memikirkan bagian mana saja yang akan dibongkar dan anggaran untuk setiap material yang dibutuhkan.

Inilah pentingnya membuat anggaran yang tepat dalam melakukan renovasi untuk melihat perkembangan pekerjaan dan biaya yang digunakan. Biasanya contoh anggaran yang baik juga menampilkan proses renovasi yang telah dilakukan dan target lainnya. Anggap saja Anda memiliki budget 300 jutaan untuk renovasi rumah, maka uang ini harus dialokasinya dari persiapan sampai eksekusi akhirnya.

Rincian yang diberikan juga harus jelas dan tidak boleh disamakan seperti halnya tukang harian dengan jobdesk yang berbeda-beda. Maka untuk mengisi anggarannya juga harus dibedakan tidak boleh dipukul rata. Tujuan dari pembuatan anggaran ini adalah mengetahui jumlah yang akan dihabiskan untuk renovasi. Jadi jumlahnya harus benar-benar asli tanpa rekayasa.

Ide Untuk Renovasi Rumah Minimalis

Setelah paham mengenai perkiraan biaya untuk renovasi rumah Anda bisa menggunakan ide renovasi seperti di bawah ini:

1. Bongkar konsep kamar mandi

Renovasi pertama yang bisa digunakan adalah dengan membongkar konsep kamar mandi agar terkesan lebih estetik. Kamar mandi adalah ruangan yang fungsi krusial selain untuk mandi, banyak yang menggunakannya untuk mencari inspirasi. Sehingga bentuknya juga harus mendukung kenyamanan penggunanya.

Untuk memberikan sentuhan yang berbeda dalam kamar mandi ini yang perlu dilakukan adalah memberikan kaca besar. Kaca ini mampu memberi efek luas dalam kamar mandi minimalis Anda. Peletakannya bisa di antara closer dan bak berendam sehingga terlihat lebih rapi dan estetik saat digunakan.

2. Dapur

Setelah selesai dengan kamar mandi dalam proses biaya renovasi rumah minimalis 2021 harus memperhatikan dapur. Biasanya ketika proses pembangunan rumah awal tidak terlalu memikirkan fungsional dari dapur. Sehingga pembangunannya akan terkesan asal-asalan dan tidak nyaman.

Inilah saatnya Anda membuat dapur yang lebih nyaman dan estetik dengan model dapur kekinian. Untuk rumah minimalis bisa meletakkan dapur di area pojokan space rumah yang masih kosong. Tidak banyak komponen yang dibutuhkan dalam tahap renovasi ini hanya perlu cat dan kitchen set.

3. Renovasi halaman

Merasa halaman rumah masih sangat sepi walaupun sudah ada kolam dan tamannya tentu sudah dirasakan oleh banyak orang. Ini tandanya halaman rumah tersebut masih kurang hiasan dan dekorasinya. Tips untuk renovasi sederhana agar terlihat lebih penuh adalah menambahkan lampu kabel.

Anda bisa bebas memilih warna lampu yang dibutuhkan sesuai keinginan. Namun kebanyakan akan memilih tipe lampu dengan banyak warna. Selain itu ada juga yang menggunakan warna kuning remang-remang untuk malam hari. Sementara untuk siang hari bisa memakai warna lampu putih.

4. Jemuran

Banyak juga yang meremehkan lokasi jemuran baju padahal hal ini sangat penting untuk dimiliki. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jemuran darurat ini bisa dibuat dalam tahap renovasinya. Bahan yang perlu dibeli adalah polycarbonate twinlite yang membuat cahaya masuk lebih mudah.

Hanya saja meskipun mampu menembus dengan baik namun bahan ini masih bisa menekan panas yang terlalu berlebihan. Jemuran bisa kering dengan sempurna namun Anda tetap nyaman berada di bawahnya. Bahan ini juga banyak digunakan untuk area taman agar tanaman hias di bawahnya tidak langsung terkena sengatan matahari.

5. Manfaatkan space langit-langit

Rumah minimalis tentu kehabisan tempat untuk meletakkan barang yang tidak digunakan. Namun jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan space yang ada di langit-langit ruangan. Biasanya space ini akan dimodifikasi dengan rak yang ditempelkan pada dinding. Kemudian digunakan untuk menata barang yang tidak digunakan.

Untuk barang seperti buku, boneka dan hiasan lainnya sengaja diperlihatkan agar lebih estetik. Namun untuk barang besar dan sudah tidak berguna biasanya letaknya akan disembunyikan. Jadi jangan khawatir jika space langit-langit ini akan mengganggu estetika dari ruangannya.

6. Taman sintetis

Ingin punya taman namun malas merawat tentu tidak masalah karena bisa menggunakan tanaman dan rumput sintetis. Buatlah space seperlunya di halaman depan atau belakang rumah. Kemudian berikan tanaman dan rumput sintetis untuk hiasannya. Cara ini akan membuat tempatnya lebih adem dan asri tanpa perawatan yang ketat tentunya.

Tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah? Yuk segera hubungi Alindra Bangunan dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah

Contact Us
Jl. Haji Samali No. 87 E, Pasar Minggu Jakarta Selatan
0812-9631-9557  / (021) 2753 1234

source : bintorobuild.co.id