Blog

Pengertian Rumah Profesi Serta Contohnya

Bermacam-macam aktivitas yang dilakukan oleh manusia menimbulkan dorongan akan kebutuhan rumah tinggal. Rumah merupakan wadah utama yang menampung segala aktivitas privasi maupun aktivitas sosial antar keluarga dengan harapan rumah aman, nyaman, sehat dan bisa mendukung dengan maksimal segala aktivitas di dalam maupun diluar rumah. Ruang-ruang yang ada di dalamnya setidaknya bisa membagi atau memilih beberapa aktivitas penghuni rumah sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

Rumah dalam arti umum adalah bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu, yang merupakan sebagai pusat kegiatan keluarga, prndidikan, pembentuk kepribadian dan budaya sesuai komunitas serta sebagai tempat persemaian generasi yang akan datang yang dapat melambangkan perdaban manusia serta dapat menjadi cermin jati diri dan taraf hidup penghuninya.

Sedakan profesi merupakan pekerjaan yang dimiliki oleh tiap orang atau individu dimana individu itu ahli atau menguasai di dalam bidang yang di tekuninya.

Jadi, rumah profesi dapat diartikan sebagai bangunan yang terdiri dari ruang-ruang yang dijadikan tempat tinggal manusia, dimana rumah itu menggambarkan cermin jati diri dan taraf hidup penghuninya sebagai gambaran peri kehidupan dan penghidupan yang menyeluruh. Tujuannya penghuni bisa memiliki rumah sekaligus memiliki ruang penunjang profesi, sehingga dapat merasakan kenyamanan tersendiri dalam beraktifitas sesuai dengan profesinya.

Tujuan Utama Membangun Rumah Proesi :
  • Terwujudnya rumah tinggal yang bisa menunjang profesi.
  • Terwujudnya bangunan yang fungsional dan dapat berintegrasi dengan baik terhadap lingkungan.
  • Terwujudnya batasan antara rumah tinggal dengan profesi si penghuni agar sesuai dengan fungsinya sebagai rumah tinggal.
Contoh Rumah Profesi :

Tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah? Yuk segera hubungi Alindra Bangunan dan klik Order Jasa.

Jangan lupa baca inspirasi desain lainnya di Blog kami yah…

sumber : jurnalarsitek.blogspot.com